Minggu, 17 April 2011

RPP BHSARAB KLS 3 GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/ Semester : III / 2
Pertemuan ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 X 35 Menit

Standar kompetensi :
Peserta didik mampu memahami system bunyi dan makna kataa-kata ,mampu mengucapkan dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase dan kalimat sempurna serta memahami makna interpersonal, ideasional, dan tekstual yang sederhana ا yang terdapat dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.
I. Kompetensi Dasar

Bercakap, membaca, dan menulis dalam Bahasa Arab tentang الامكنة في المدرسة dengan pola kalimat dasar yang meliputi ال + اسم

II. Indikator

• Mengucapakan mufradat baru dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
• Mengucapkan materi hiwar dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
• Mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
• Menggunakan mufradat baru dalam percakapan sederhana dengan tepat
• Melafalkan bahan qira’ah dengan intonasi yang baik dan benar
• Mencocokkan ungkapan disesuaikan dengan gambar
• Menulis mufradat dengan baik dan benar
• Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

III. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat mengucapkan mufradat baru dengan lafal dan intonasi yang bak dan benar.
• Siswa dapat mengucapkan materi hiwar dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
• Siswa dapat mendemontrasikan hiwar dalam kalimat-kalimat yang disediakan dengan tepat.

IV. Materi Pokok
1.1 Hiwar tentang الامكنة في المدرسة dengan menggunakan 11 mufradat baru seperti فصل, حديقة, ملعب, مقصف, مدرسة, ادارة, مكتب المدرس, مكتبة , معمل, dan pola kalimat dasar seperti ال + اسم dan pertanyaan اين..... ؟ هنا\ هناك

الامكنة في المدرسة Qira'ah dengan mufradat 1.2 dan struktur kalimat ال + اسم
1.3 Insya’ Muwajjah dengan pola kalimat yang telah dipelajari.

V. Metode Pembelajaran

• Tanya jawab, penugasan, drill
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a. Kegiatan awal
• Guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar selama tiga menit, kemudian siswa dipersilahkan menjelaskan isi dari gambar dalam materi hiwar.
b. Kegiatan inti
• Guru membacakan materi hiwar dengan suara nyaring dengan lafal yang baik dan benar.
• Siswa menirukan bacaan guru dengan suara nyaring dengan lafal yang baik dan benar.
• Guru menyuruh siswa untuk mendemonstrasikan materi hiwar di depan kelas dengan berpasangan secara bergantian.

c. Kegiatan akhir

• Guru menyuruh siswa unutk menghafal mufradat yang sudah diajarkan.
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal
• Guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar selama tiga menit, kemudian siswa dipersilahkan menjelaskan isi dari gambar dalam materi qira’ah
b. Kegiatan inti
• Guru membacakan materi qira’ah dengan suara nyaring dengan lafal yang baik dan benar.
• Siswa menirukan bacaan guru dengan suara nyaring dengan lafal yang baik dan benar.
• Guru menyuruh siswa untuk menunjukkan gambar yang dimaksud sesuai bacaan
d. Kegiatan akhir
o Guru membenarkan seperlunya kesalahan-kesalahan yang ada.
o Guru menyuruh siswa unutk menghafal mufradat yang sudah diajarkan.

Pertemuan ketiga
a. Kegiatan awal
• Guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar selama tiga menit, kemudian siswa dipersilahkan menjelaskan isi dari gambar dalam materi hiwar
b. Kegiatan inti
• Guru menyuruh beberapa siswa untuk maju ke depan kelas dan mempraktekkan apa yang ada di dalam gambar
• Siswa menirukan bacaan guru dengan suara nyaring dengan lafal yang baik dan benar.

e. Kegiatan akhir
o Guru menyimpulkan hasil demontrasi siswa dan membenarkan seperlunya kesalahan-kesalahan yang ada.
o Guru menyuruh siswa unutk menghafal mufradat yang sudah diajarkan.

Pertemuan keempat
a. Kegiatan awal
• Guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar selama tiga menit, kemudian siswa dipersilahkan menjelaskan isi dari gambar dalam materi hiwar.
b. Kegiatan inti
• Guru menyuruh siswa untuk melengkapi sesuai gambar
• Siswa menyalin tulisan dengan halus dan diwarnai
• Guru menyuruh siswa untuk mengingat- ingat kembali mufradat yang telah diajarkan
c. Kegiatan akhir
o Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
o Guru menyuruh siswa unutk menghafal mufradat yang sudah diajarkan.

VII. Alat/Sumber Belajar

Mahir Bahasa Arab ks III, Abdul latif Taradi, A.Pd.I,Untuk lingkungan pribadi

VIII. Penilaian

Teknik : tes ,non tes
Bentuk : Isian,pilihan Ganda.






Mengetahui Semarang, januari 2011

Kepala Madrasah Guru Mapel



Asro’i, S.Pd Abdul latif Taradi, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar