Minggu, 17 April 2011

BAB V MOTIVASI ORTU THDP PRESTASI BLJR

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian, analisa dan pembahasan akhir dalam penelitian tentang pengaruh pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010-2011, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemberian motivasi orang tua dalam kategori tinggi, yaitu 61,29 %.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010-2011 dalam kategori tinggi, yaitu 48,38 %.
3. Pengaruh variabel pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI Al- Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun pelajaran 2010-2011, diperoleh harga r hitung = 0,908 , harga ini memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel baik dengan taraf signifikan 5% (0,456) maupun taraf 1% (0,355) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun pelajaran 2010-2011. Selanjutnya dapat disimpulkan koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah:
(r0)² X 100%
= (0,908)² X 100%
= 0,824464 X 100%
= 82, 4464
= dibulatkan menjadi 82,45%


B. Saran-saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis akan menyampaikan beberapa saran demi kemajuan dalam dunia pendidikan Islam. Adapun saran tersebut ditujukan kepada :
1. Kepada orang tua untuk lebih memperhatikan putera-puterinya dalam belajar di rumah. Karena keberhasilan seorang anak dalam belajar sangat berpengaruh pada aspek-aspek yang lain, seperti pelajaran agama di sekolah, kemampuan membaca Al-Qur’an yang merupakan tujuan utama dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an, dan tidak kalah penting adalah akhlak yang mulia, mmenghormati guru di sekolah, menghormati orang tua, dan menghormati sesamanya yang merupakan beberapa ajaran di dalam Al-Qur’an.
2. Untuk MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak, untuk lebih mendorong siswa-siswanya agar lebih giat dalam belajar terutama mempelajari Al-Qur’an sehingga mampu mensiarkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang ilmu agama, terutama baca tulis Al-Qur’an.
3. Kepada orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan agama kepada anak-anaknya dengan dibekali ilmu agama sedini mungkin, terutama membaca Al-Qur’an agar dapat dijadikan bekal untuk menatap masa depan yang lebih cemerlang, berilmu pengetahuan yang tinggi dan akhlak mulia. Hal tersebut merupakan cita-cita semua orang tuanya yang menginginkan anaknya hidup lebih sukses dalam pekerjaan serta tidak lupa pada Tuhannya, Allah SWT.

C. Kata Penutup
Alhamdulillahi rabbil alamin, berkat rahmat dan inayah Allah swt. penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang sederhana ini. Semoga mendapat ridho dari-Nya dan bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Penulis menyadari atas segala kekurangan dan kelemahan yang ada pada skripsi ini. Oleh karena itu kepada semua pihak kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi penyempurnaan penulisan berikutnya.
Akhirnya hanya kepada Allah swt. penulis memohon pertolongan dan perlindungan-Nya..
Semarang, 7 Pebruari 2011
penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar