Minggu, 17 April 2011

BAB III JENIS PEKERJAAN THDP MINAT BLJR SISWA

BAB III
DATA TENTANG JENIS PEKERJAAN ORANG TUA
DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI.TARBIYATUL KHOIROT SEMARANG

A. Gambaran Umum MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang
1. Sejarah Berdirinya
Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang dan tidak kalah pentingnya dalam mengutamakan pendidikan. Seiring dengan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, maka selain pemerintah pihak swastapun ikut turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dengan mendirikan suatu lembaga pendidikan.
Salah satu lembaga pendidikan swasta yang didirikan di kota Semarang adalah MI. Tarbiyatul Khoirot. Madrasah ini didirikan pada tahun 1997. Sebelum berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khoirot, sudah berdiri sebelumnya TK Tarbiyatul Athfal 36 yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Tarbiyatul Khoirot Semarang yang sudah berdiri sejak 1987. Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khoirot beralamat di jalan Supriyadi 108 Semarang.
Awal pendirian MI. Tarbiyatul Khoirot ini bermula dari ide para jamiyah pengajian muslimat ibu-ibu di wilayah Kalicari untuk mendirikan TK (Taman Kanak-kanak).Terdorong oleh kebutuhan akan pendidikan anak, maka terbentuklah kepengurusan Yayasan Pendidikan Islam dengan ketua H. Romli. Setelah lima tahun berjalan dan murid semakin banyak muncul ide baru lagi untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Maka didirikanlah MI. Tarbiyatul Khoirot yang selanjutnya kepengurusan yayasannya diketuai oleh Drs. H. Zubaidi dan kepala madrasahnya Asro’i, S.Pd. sampai sekarang.
2. Letak Geografis
MI. Tarbiyatul Khoirot terletak di lokasi yang sangat strategis yang mudah dijangkau dari berbagai wilayah di kota Semarang.Tepatnya di jalan Supriyadi 108 Semarang. MI. Tarbiyatul Khoirot berada di wilayah kelurahan Kalicari kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Letak yang strategis inilah yang banyak menguntungkan demi perkembangan MI. Tarbiyatul Khoirot dari tahun ke tahun. Untuk selanjutnya dapat dilihat pada denah lokasi pada lampiran 1.

3. Struktur Organisasi
Lihat lampiran 2. dan 3.

4. Keadaan Guru dan Murid
Salah satu kekuatan MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang adalah kualitas sumber daya pengajar yang berpengalaman dengan latar belakang sesuai dengan bidangnya masing-masing, serta berakhlakul karimah sehingga bisa menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya.
Tenaga pengajar yang ada di MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang terdiri dari : 1 Kepala Madrasah, 1 staf administrasi, 1 staf keuangan, 14 guru, 1 petugas kebersihan dan 1 orang security.
Adapun nama-nama guru yang mengajar di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang adalah sebagaimana dalam lampiran 4.
Berdasarkan data dokumentasi di MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang pada tahun ajaran 2010-2011, madrasah ini memiliki siswa berjumlah 307 orang yang terdiri dari 12 rombongan belajar. MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang membatasi jumlah murid karena jumlah daya tampung siswa yang tidak mencukupi. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan ruang kelas dan kualitas siswa yang akan dididik.Untuk lebih jelasnya dapat dilihat sebagaimana pada lampiran 5.

5. Keadaan Sarana dan Prasarana
Dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana adalah sebagai penunjang keberhasilan serta kelancaran dalam proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Maka sarana dan prasarana memberikan pengaruh dan dapat mendukung tujuan tersebut.
Sarana dan prasarana Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khoirot Semarang, walaupun semuanya belum seutuhnya lengkap, tetapi sudah mencukupi. Namun pembenahan dan pengadaan sarana dan prasarana MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang terus diadakan dan dimaksimalkan serta digunakan secara optimal, sekarang ini MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang baru mengadakan penambahan ruangan kelas dengan membangun lantai 2 sehingga dapat menambah ruangan kelas dan memenuhi permintaan masyarakat karena minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang meningkat sehingga dapat tertampung semua.lihat lampiran 6.

B. Data Khusus
1. Data Jenis Pekerjaan Orang Tua
Untuk memperoleh data tentang pengaruh pekerjaan orang tua terhadap minat belajar siswa MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang tahun pelajaran 2010-2011 dapat diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua dan motivasi belajar siswa.
Secara umum jenis pekerjaan tersebut dapat penulis kelompokkan pada: 1) swasta, yang meilputi karyawan pabrik, buruh, tukang bangunan, pedagang, ibu rumah tangga dan wiraswasta, dan 2) PNS/TNI POLRI, yang dimaksud PNS di sini adalah pegawai pada instansi pemerintah atau pegawai yang digaji oleh pemerintah, termasuk guru.(dalam penelitian ini guru swasta penulis samakan dengan guru PNS)
Untuk lebih jelasnya tentang jenis pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang dapat dilihat dari tabel berikut ini:
Tabel 1.
JENIS PEKERJAAN ORANG TUA SISWA KELAS VI MI TARBIYATUL KHOIROT SEMARANG

No Responden Jenis Pekerjaan Orang Tua
Ayah Ibu
1 Pedagang Swasta
2 Karyawan Pabrik Ibu Rumah Tangga
3 Pedagang Guru
4 PNS Guru
5 Guru Ibu Rumah Tangga
6 PNS PNS
7 Swasta Guru
8 Pedagang Swasta
9 Swasta Ibu Rumah Tangga
10 Pedagang Guru
11 Karyawan Pabrik Ibu Rumah Tangga
12 Pedagang Swasta
13 Guru Ibu Rumah Tangga
14 Pedagang Ibu Rumah Tangga
15 Swasta Buruh
16 Swasta Ibu Rumah Tangga
17 Swasta Swasta
18 Pedagang Ibu Rumah Tangga
19 Swasta Swasta
20 Swasta Ibu Rumah Tangga
21 Pedagang Ibu Rumah Tangga
22 Pedagang Buruh
23 Buruh Swasta
24 Karyawan Pabrik Ibu Rumah Tangga
25 Guru Guru
26 Pedagang Swasta
27 Pedagang PNS
28 Karyawan Pabrik Ibu Rumah Tangga
29 PNS Pedagang
30 Swasta PNS
31 Pedagang Ibu Rumah Tangga
32 PNS Guru
33 Tukang Karyawan Pabrik

Dari tabel 1 di atas dapat penulis kelompokkan pada dua jenis pekerjaan PNS dan swasta, dengan prosentase sebagaimana pada tabel 2. berikut ini:
Tabel 2.
TABEL FREKUSENSI JENIS PEKERJAAN ORANG TUA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL KHOIROT SEMARANG

No Jenis Pekerjaan PNS Frekuensi Prosentase
% No Jenis Pekerjaan Swasta Frekuensi Prosentase
%
1 Guru 3 9,09 1 Pedagang 12 36,36
2 PNS 4 12,12 2 Wiraswasta 8 24,24
3 Buruh 1 3,03
4 Kary.Pabrik 4 12,12
5 Tukang Bangunan 1 3,03
JUMLAH 7 21,21 JUMLAH 26 78,78

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa jenis pekerjaan PNS orang tua sebanyak: 21,21%, dan jenis pekerjaan sawasta orang tua sebanyak: 78,78%.
Selanjutnya, untuk mempermudah penelitian, penulis membagi sekian banyak jenis pekerjaan menjadi 2 jenis pekerjaan. Yaitu pekerjaan yang memerlukan waktu banyak dan pekerjaan yang membutuhkan waktu sedikit. Selanjutnya dapat penulis kelompokkan sebagaimana tabel berikut:

Tabel 3.
TABEL FREKUSENSI JENIS PEKERJAAN ORANG TUA SISWA YANG MEMBUTUHKAN WAKTU BANYAK DAN SEDIKIT

No Pekerjaan yg membutuhkan waktu banyak Frekuensi Prosentase
% No Pekerjaan yg membutuhkan waktu sedikit Frekuensi Prosentase
%
1 Kary. Pabrik 4 12,12 1 PNS 4 12,12
2 Wiraswasta 8 24,24 2 Guru 3 9,09
3 Buruh 1 3,03 3 Pedagang 12 36,36
4 Tukang Bangunan 1 3,03
JUMLAH 14 42,42 JUMLAH 19 57,57

Dari tabel 3 di atas dapat disimpulkan bahwa jenis pekerjaan yang membutuhkan waktu banyak sebanyak : 42,42 %, dan jenis pekerjaan orang tua yang membutuhkan waktu sedikit sebanayak: 57,57 %.
Selanjutnya penulis susun tabel dari frekuensi jawaban angket dengan menggunakan kriteria kuantitatif setiap alternatif jawaban sebagaimana pada bab 1. Sedangkan untuk menentukan nilai kuantitatif mentahnya (score mentah) diperoleh dari penjumlahan alternatif masing-masing jawaban kemudian dikalikan dengan kreteria kuantitatif tersebut. Sedang cara memperoleh bobot nilai/rata-rata skor mentah itu dibagi dari jumlah item angket yang ada.
Melalui proses perhitungan tersebut, jenis pekerjaan orang siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot adalah sebagai berikut:
Tabel 4.
Data Tentang Jenis Pekerjaan Orang Tua Siswa Kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010

No. Resp. jawaban nilai Juml. Rata-rata
a b c d e 5 4 3 2 1
1 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
2 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
3 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
4 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
5 12 2 1 0 0 60 8 3 0 0 71 4.73
6 10 3 1 1 0 50 12 3 2 0 67 4.46
7 10 2 1 1 1 50 8 3 2 1 64 4.26
8 9 3 1 1 1 45 12 3 2 1 63 4.20
9 9 2 2 1 1 45 8 6 2 1 62 4.13
10 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
11 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
12 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
13 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
14 12 1 1 0 1 60 4 3 0 1 68 4.53
15 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
16 12 2 0 0 1 60 8 0 0 1 69 4.60
17 8 2 2 2 1 40 8 6 4 1 59 3.93
18 9 3 1 1 1 45 12 3 2 1 63 4.20
19 10 2 1 1 1 50 8 3 2 1 64 4.26
20 13 1 0 1 0 65 4 0 2 0 71 4.73
21 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
22 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
23 10 2 1 1 1 50 8 3 2 1 64 4.26
24 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 74 4.93
25 12 3 0 0 0 60 12 0 0 0 72 4.80
26 10 3 1 1 0 50 12 3 2 0 67 4.46
27 10 2 1 1 1 50 8 3 2 1 64 4.26
28 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
29 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
30 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
31 12 1 0 1 1 60 4 0 2 1 67 4.46
32 12 1 1 1 0 60 4 3 2 0 69 4.60
33 13 1 0 1 0 65 4 0 2 0 71 4.73


2. Data Tentang Minat Belajar Siswa Kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011
Data tentang minat belajar siswa diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada 33 siswa sebagai responden.untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 5.
Data Tentang Minat Belajar Siswa Kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011

No. Resp. jawaban nilai Juml. Rata-rata
a b c d e 5 4 3 2 1
1 12 2 1 0 0 60 8 3 0 0 71 4.86
2 13 2 0 0 0 65 8 0 0 0 73 4.86
3 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
4 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
5 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
6 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
7 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
8 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
9 12 1 0 1 1 60 4 0 2 1 67 4.46
10 13 1 0 0 1 65 4 0 0 1 70 4.66
11 11 3 1 0 0 55 12 3 0 0 70 4.66
12 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
13 10 2 1 1 1 50 8 3 2 1 65 4.33
14 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
15 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
16 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
17 12 1 1 1 0 60 4 3 2 0 69 4.60
18 10 3 1 1 0 50 12 3 2 0 67 4.46
19 9 2 2 1 1 45 8 6 2 1 62 4.13
20 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
21 12 2 1 0 0 60 8 3 0 0 71 4.73
22 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
23 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
24 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
25 9 3 1 1 1 45 12 3 2 1 63 4.20
26 10 2 2 0 1 50 8 6 0 1 65 4.33
27 11 3 1 0 0 55 12 3 0 0 70 4.66
28 14 1 0 0 0 70 4 0 0 0 74 4.93
29 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
30 13 1 1 0 0 65 4 3 0 0 72 4.80
31 15 0 0 0 0 75 0 0 0 0 75 5.00
32 10 2 2 0 1 50 8 6 0 1 65 4.33
33 13 1 0 0 1 65 4 0 0 1 70 4.66

Tidak ada komentar:

Posting Komentar