Minggu, 17 April 2011

BAB IV JENIS PEKERJAAN THDP MINAT BELAJAR SISWA

BAB IV
ANALISIS DATA TENTANG PENGARUH JENIS PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI MI. TARBIYATUL KHOIROT SEMARANG

Pada bab ini, penulis akan menganalisa data yang telah terkumpul sehingga diketahui ada tidaknya pengaruh pekerjaan orang tua terhadap minat belajar siswa di MI Tarbiyatul Khoirod Semarang. Analisis ini diperlukan untuk mengetahui tujuan penelitian dengan menggunakan rumus Product Moment Adapun tahapan-tahapan analisis diawali dengan analisis pendahuluan. Kemudian untuk mendapatkan hubungan keduanya digunakan analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Untuk penjelasan selanjutnya akan diuraikan sebagai berikut.

A. Analisis Pendahuluan
1. Data tentang jenis pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang

Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot, maka penulis akan menyusun tabulasi. Tiap-tiap tabel memuat indikator dari variabel penelitian tentang pengaruh jenis pekerjaan orang tua yang terdiri dari item-item yang terjawab oleh responden sebanyak 33. Macam-macam jenis pekerjaan orang tua yang terdapat pada tempat penelitian antara lain : PNS, guru, buruh, wiraswasta, tukang bangunan, pedagang, dan karyawan pabrik. Semua jenis pekerjaan tersebut dapat dilihat pada prosentase sebagai berikut :




TABEL VI
TABEL FREKUSENSI INDIKATOR
MACAM-MACAM PEKERJAAN

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
1 33 100 - - - - - - - - 33 100
2 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
3 29 87.87 2 6.06 1 3.03 1 3.03 - - 33 100
4 31 93.93 1 3.03 1 3.03 - - - - 33 100
5 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
Jum 153 92.72 7 4.24 4 2.42 1 0.60 - - 165 100


Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel III) dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Pekerjaan orang tua jenis pekerjaan yang menuntut kerja keras,
yang memilih option a = 33 murid (100 %)
b = -
c = -
d = -
e = -
2. Pekerjaan orang tua jenis pekerjaan yang dikerjakan di rumag,
yang memilih option a = 30 murid (90.90 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
3. Pekerjaan orang tua termasuk jenis pekerjaan yang dikerjakan secara berkelompok,
yang memilih option a = 29 murid ( 87.87 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = 1 murid ( 3.03 % )
e = -
4. Pekerjaan orang tua termasuk jenis pekerjaan yang bertanggung jawab kepada atasan,
yang memilih option a = 31 murid ( 93.93 %)
b = 1 murid ( 3.03 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
5. Pekerjaan orang tua termasuk pekerjaan yang mengabdi kepada negara dan bangsa,
yang memilih option a = 30 murid ( 90.90 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
Dari tabel III di atas tentang indikator maca-macam pekerjaan secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 153 ( 93.86 %)
Option b = 7 ( 4.29 %)
Option c = 4 ( 2.45 % )
Option d = 1 ( 0.61 % )
Option e = 0






TABEL VII
TABEL FREKUSENSI INDIKATOR
BANYAKNYA WAKTU UNTUK ANAK DI RUMAH

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
6 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
7 31 93.93 1 3.03 1 3.03 - - - - 33 100
8 25 75.75 3 9.09 2 6.06 2 6.06 1 3.03 33 100
9 27 81.81 3 9.09 1 3.03 1 3.03 1 3.03 33 100
10 29 87.87 2 6.06 1 3.03 1 3.03 - - 33 100
11 29 87.87 2 6.06 2 6.06 - - - - 33 100
12 28 84.84 3 9.09 1 3.03 1 3.03 - - 33 100
13 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
14 26 78.78 3 9.09 2 6.06 1 3.03 1 3.03 33 100
15 25 75.75 3 9.09 2 6.06 2 6.06 1 3.03 33 100
juml 280 84.84 24 7.27 14 4.24 8 2.42 4 1.21 330 100


Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel IV) dapat dijelaskan sebagai berikut:
6. Orang tua sering pulang kerja tepat waktu,
yang memilih option a = 30 murid ( 90.90 %)
b = 2 murid ( 6.06 %)
c = 1 murid ( 3.03 %)
d = -
e = -
7. Orang tua sering berangkat kerja sebelum jam 06.00 WIB,
yang memilih option a = 31 murid ( 93.93 %)
b = 1 murid ( 3.03 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
8. Orang tua selalu mendampingi anaknya ketika belajar,
yang memilih option a = 25 murid ( 75.75 % )
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 2 murid ( 6.06 % )
d = 2 murid ( 6.06 % )
e = 1 murid ( 3.03 % )
9. Orang tua selalu membantu mengerjakan PR anak-anaknya,
yang memilih option a = 27 murid ( 81.81 %)
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = 1 murid ( 3.03 % )
e = 1 murid ( 3.03 % )
10. Orang tua selalu mengajak jalan-jalan anaknya,
yang memilih option a = 29 murid ( 87.87 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = 1 murid ( 3.03 % )
e = -
11. Orang tua tidak pernah pulang kerja sebulan sekali,
yang memilih option a = 29 murid ( 87.87 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 2 murid ( 6.06 % )
d = -
e = -
12. Orang tua sering ngajak makan di luar,
yang memilih option a = 1 murid ( 3.03 % )
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 28 murid ( 84.84 % )
d = 1 murid ( 3.03 % )
e = -
13. Orang tua memberi waktu untuk konsultasi,
yang memilih option a = 30 murid ( 90.90 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
14. Orang tua sering menasihati kepada anak-anaknya,
yang memilih option a = 26 murid ( 78.78 % )
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 2 murid ( 6.06 % )
d = 1 murid ( 3.03 % )
e = 1 murid ( 3.03 % )
15. Orang tua sering memotivasi anak-anaknya untuk belajar,
yang memilih option a = 25 murid ( 75.75 % )
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 2 murid ( 6.06 % )
d = 2 murid ( 6.06 % )
e = 1 murid ( 3.03 % )

Dari tabel IV di atas tentang indikator banyak waktu untuk anak di rumah secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 280 (84.84 %)
Option b = 24 ( 7.27 %)
Option c = 14 ( 4.24 % )
Option d = 8 (2.42 % )
Option e = 4 (1.21 % )





Tabel VIII
Distribusi Frekuensi Jawaban Angket
Dalam Setiap Indikator

No. Item Indikator Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
1 A 153 92.72 7 4.24 4 2.42 1 0.60 - - 165 33.33
2 B 280 84.84 24 7.27 14 4.24 8 2.42 4 1.21 330 66.66
jumlah 433 87.47 31 6.26 18 3.63 9 1.81 4 0.80 495 100


Berdasarkan tabel V di atas dapat diketahui bahwa pengaruh jenis pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang pada setiap indikator adalah :

a. Indikator macam –macam pekerjaan dari jawaban angket yang menjawab alternatif a = 92,72 %, b = 4.24 %, c = 2,42 %, d = 0,60 %, e = 0 %.
b. Indikator banyaknya waktu untuk anak dari jawaban angket yang menjawab alternatif a = 84.84 %, a = 7.27 %, c = 4.24 %, d = 2.42 %, e = 1.21 %.

Dengan ketentuan demikian secara keseluruhan nilai pengaruh pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang secara kuantitatif dapat ditentukan dengan interval sebagai berikut :
Nilai 81 – 100 = sangat tinggi
Nilai 61 – 80 = tinggi
Nilai 41– 60 = cukup
Nilai 21 – 40 = kurang
Nilai 0 – 20 = sangat kurang
Dari distribusi frekuensi yang diperoleh variabel pengaruh jenis pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang yang berkualitas sangat tinggi adalah 87.47 %, yang berkualitas tinggi 6.26 %, yang berkualitas cukup 3.63 %, yang berkualitas kurang 1.81 %, dan yang berkualitas sangat kurang 0.80 %.
Berdasarkan tabel V di atas dapat diketahui distribusi frekuensi jenis pekerjaan orang tua siswa kelas VI MI tarbiyatul Khoirot termasuk dalam kriteria pekerjaan yang banyak waktu untuk bertemu dengan anak-anaknya.

2. Data tentang minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang.

Untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot, maka penulis akan menyusun tabulasi. Tiap-tiap tabel memuat indikator dari variabel penelitian tentang minat belajar siswa yang terdiri dari item-item yang terjawab oleh responden sebanyak 33.

TABEL IX
TABEL FREKUSENSI INDIKATOR
KESERIUSAN MENGERJAKAN TUGAS DARI GURU
No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
16 20 60.60 5 15.15 4 12.12 3 9.09 1 3.03 33 100
17 25 75.75 4 12.12 3 9.09 1 3.03 - - 33 100
18 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
19 31 93.93 2 6.06 - - - - - - 33 100
20 28 84.84 2 6.06 2 6.06 1 3.03 - - 33 100
jum 134 81.21 15 9.09 10 6.06 5 3.03 1 0.60 165 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel VI) dapat dijelaskan sebagai berikut:
16. Selalu mengerjakan tugas dari guru,
yang memilih option a = 20 murid ( 60.60 %)
b = 5 murid ( 15.15 %)
c = 4 murid ( 12.12 %)
d = 3 murid ( 9.09 %)
e = 1 murid (3.03 %)
17. Selalu bertanya kepada teman jika ada tugas dari guru,
yang memilih option a = 25 murid ( 93.93 %)
b = 4 murid ( 12.12 % )
c = 3 murid ( 9.09 % )
d = 1 murid (3.03 %)
e = -
18. Selalu belajar setiap hari meskipun tidak ada PR.,
yang memilih option a = 30 murid ( 90.90 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
19. Tetap belajar meskipun tidak disuruh belajar oleh orang tua,
yang memilih option a = 31 murid ( 93.93 %)
b = 2 murid ( 6.06 % )
c =
d =-
e =-
20. Ketika guru menyuruh menulis pelajaran selalu dikerjakan,
yang memilih option a = 28 murid ( 84.84 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 2 murid ( 6.06 %)
d = 1 murid ( 3.03 %)
e = -

Dari tabel VI. di atas tentang indikator keseriusan mengerjakan tugas dari guru secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 134 ( 81.21 %)
Option b = 15 ( 9.09 %)
Option c = 10 ( 6.06 %)
Option d = 5 ( 3.03 %)
Option e = 1 ( 0.60 % )

TABEL X
TABEL FREKUSENSI INDIKATOR
INTENSITAS KEHADIRAN KE SEKOLAH

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
21 29 87.87 1 3.03 1 3.03 1 3.03 1 3.03 33 100
22 30 90.90 1 3.03 1 3.03 1 3.03 - - 33 100
23 30 90.90 2 6.06 1 3.03 - - - - 33 100
24 28 84.84 2 6.06 1 3.03 1 3.03 1 3.03 33 100
25 28 84.84 2 6.06 2 6.06 1 3.03 - - 33 100
jum 145 87.87 8 4.84 6 3.63 4 2.42 2 1.21 165 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel VII) dapat dijelaskan sebagai berikut:
21. Selalu berangkat sekolah dan tidak pernah terlambat,
yang memilih option a = 29 murid ( 87.87%)
b = 1 murid ( 3.03 %)
c = 1 murid ( 3.03 %)
d = 1 murid ( 3.03 %)
e = 1 murid (3.03 %)
22. Selalu berangkat sekolah sebelum bel masuk sekolah,
yang memilih option a = 30 murid ( 93.93 %)
b = 1 murid ( 3.03 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = 1 murid (3.03 %)
e = -
23. Selalu berangkat sekolah meskipin sakit yang ringan,
yang memilih option a = 30 murid ( 90.90 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = -
e = -
24. Selalu berangkat sekolah meskipun hujan atau banjir.
yang memilih option a = 28 murid ( 84.84 %)
b = 2 murid ( 6.06 % )
c =1 murid ( 3.03 % )
d =1 murid (3.03 % )
e =1 murid ( 3.03 % )
25. Selalu berangkat sekolah meskipun ada ulangan,
yang memilih option a = 28 murid ( 84.84 % )
b = 2 murid ( 6.06 % )
c = 2 murid ( 6.06 %)
d = 1 murid ( 3.03 %)
e = -

Dari tabel VII. di atas tentang indikator intensitas kehadiran ke sekolah secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 145 ( 87.87 %)
Option b = 8 ( 4.84 %)
Option c = 6 ( 3.63 %)
Option d = 4( 2.42 %)
Option e = 2 ( 1.21 % )
TABEL XI
TABEL FREKUSENSI INDIKATOR
MEMERHATIKAN PELAJARAN
No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
26 27 81.81 3 9.09 1 3.03 1 3.03 1 3.03 33 100
27 30 90.90 1 3.03 1 3.03 1 3.03 - - 33 100
28 26 78.78 3 9.09 2 6.06 2 6.06 - - 33 100
29 28 84.84 2 6.06 1 3.03 1 3.03 1 3.03 33 100
30 31 93.93 1 3.03 1 3.03 - - - - 33 100
jml 142 86.06 10 6.06 6 3.63 5 3.03 2 1.21 165 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel VIII) dapat dijelaskan sebagai berikut:
26. Selalu memerhatikan pelajaran,
yang memilih option a = 27 murid ( 81.81 %)
b = 3 murid ( 9.09 %)
c = 1 murid ( 3.03 %)
d = 1 murid ( 3.03 %)
e = 1 murid (3.03 %)
27. Selalu mencatat pelajar yang diterangkan guru,
yang memilih option a = 30 murid ( 93.93 %)
b = 1 murid ( 3.03 % )
c = 1 murid ( 3.03 % )
d = 1 murid (3.03 %)
e = -
28. Selalu menata rapi buku-buku pelajaran di tempatnya,
yang memilih option a = 26 murid ( 78.78 % )
b = 3 murid ( 9.09 % )
c = 2 murid ( 6.06 % )
d = 2 murid ( 6.06 % )
e = -
29. Selalu membaca dan mempelajari buku-buku pelajaran,
yang memilih option a = 28 murid ( 84.84 %)
b = 2 murid ( 6.06 % )
c =1 murid ( 3.03 % )
d =1 murid (3.03 % )
e =1 murid ( 3.03 % )
30. Selalu belajar setiap hari,
yang memilih option a = 31murid ( 93.93 % )
b = 1 murid ( 3.03 % )
c = 1 murid ( 3.03 %)
d = -
e = -

Dari tabel VIII. di atas tentang indikator memerhatikan pelajaran secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 142 ( 86.06 %)
Option b = 10 ( 6.06 %)
Option c = 6 ( 3.63 %)
Option d = 5( 3.03 %)
Option e = 2 ( 1.21 % )

Kemudian untuk mengetahui minat belajar siswa dapat dilihat dari distribusi frekuensi dalam setiap indikator sebagaimana dalam tabel IX.






Tabel XII
Distribusi Frekuensi Jawaban Angket
Dalam Setiap Indikator

No. Item Indikator Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
1 A 134 81.21 15 9.09 10 6.06 5 3.03 1 0.60 165 100
2 B 145 87.87 8 4.84 6 3.63 4 2.42 2 1.21 165 100
3 C 142 86.06 10 6.06 6 3.63 5 3.03 2 1.21 165 100
jumlah 421 85.05 33 6.66 22 4.45 14 2.83 5 1.01 495 100

Berdasarkan tabel IX di atas dapat diketahui bahwa minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang pada setiap indikator adalah :
a. Indikator keseriusan mengerjakan tugas dari guru dari jawaban angket yang menjawab alternatif a = 81.21 %, b = 9.09 %, c = 6.06 %, d = 3.03 %, e = 0.60 %.
b. Indikator intensitas kehadirsn ke sekolah dari jawaban angket yang menjawab alternatif a = 87.87 %, b = 4.84 %, c = 3.63 %, d = 2.42 %, e = 1.21 %.
c. Indikator memerhatikan pelajaran dari jawaban angket yang menjawab alternatif a = 86.06 %, b = 6.06 %, c = 3.63 %, d = 3.03 %, e = 1.21 %.
Dengan ketentuan demikian secara keseluruhan nilai minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang secara kuantitatif dapat ditentukan dengan interval sebagai berikut :
Nilai 81 – 100 = sangat tinggi
Nilai 61 – 80 = tinggi
Nilai 41– 60 = cukup
Nilai 21 – 40 = kurang
Nilai 0 – 20 = sangat kurang
Dari distribusi frekuensi yang diperoleh variabel minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang yang berkualitas sangat tinggi adalah 85.05 %, yang berkualitas tinggi 6.66 %, yang berkualitas cukup 4.45 %, yang berkualitas kurang 2.83 %, dan yang berkualitas sangat kurang 1.01 %.
Berdasarkan tabel IX di atas dapat diketahui distribusi frekuensi minat belajar siswa kelas VI MI tarbiyatul Khoirot termasuk dalam kriteria sangat tinggi

B. Analisis Uji Hipotesis
1. Data Tentang Pengaruh Jenis Pekerjaan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang

Untuk membuktikan ada tidaknya serta mengetahui diterimanya hipotesis yang penulis ajukan, maka di sini akan dibuktikan dengan mencari nilai koefisien korelasi antara variabel jenis pekerjaan orang tua (variabel X) dengan variabel minat belajar siswa (variabel Y) dengan menggunakan rumus “Korelasi Product Moment” (lihat bab I).
Pembuktian ini pada mulanya dibuat tabel kerja koefisien korelasi guna mencari sigma X, sigma Y, sigma X² dan sigma Y² serta XY, sebagaimana tabel X berikut ini:
Tabel XIII
Koefisien Korelasi Antara Variabel Jenis Pekerjaan Orang Tua (X) dan Minat Belajar Siswa (Y)
No. Resp X Y X² Y² XY
1 75 73 5625 5329 5475
2 72 73 5184 5329 5256
3 74 74 5476 5476 5476
4 72 74 5184 5476 5328
5 71 75 5041 5625 5325
6 67 75 4489 5625 5025
7 64 72 4096 5184 4608
8 63 74 3969 5476 4662
9 62 67 3844 4489 4154
10 72 70 5184 4900 5040
11 74 70 5476 4900 5180
12 75 74 5625 5476 5550
13 72 65 5184 4225 4680
14 68 75 4624 5625 5100
15 74 75 5476 5625 5550
16 69 72 4761 5184 4968
17 59 69 3481 4761 4071
18 63 67 3969 4489 4221
19 64 62 4096 3844 3968
20 71 75 5041 5625 5325
21 74 71 5476 5041 5254
22 75 75 5625 5625 5625
23 64 74 4096 5476 4736
24 74 72 5476 5184 5328
25 72 63 5184 3969 4536
26 67 65 4489 4225 4355
27 64 70 4096 4900 4480
28 72 74 5184 5476 5328
29 74 72 5476 5184 5328
30 72 72 5184 5184 5184
31 67 75 4489 5625 5025
32 69 65 4761 4225 4485
33 71 70 5041 4900 4970
Total 2296 2349 160402 167677 163596
Simbol ∑ X ∑ Y ∑ X² ∑ Y² ∑ XY

Langkah selanjutnya tabel kerja (tabel X) di atas hasilnya dimasukkan dalam rumus Korelasi Product Moment sebagai berikut:



(2296) (2349)
163596 -
33
=
( 2296)² (2349)²
160402 - 167677 -
33 33


5393304
163596 -
33
=
5271616 5517801
160402 - 167677 -
33 33


163596 – 163433.4545
=
( 160402 - 159745.9393 ) ( 167677 – 167206.0909 )


162.5455
=
( 656.0607 ) ( 470.9091 )
162.5455
=
309321.6810

162.5455
=
309321.6810

= 5.2549016

= 5.254

Jadi nilai koefisien korelasi XY = 5.2549016 dibulatkan menjadi 5.254.


C. Analisis Lanjut
Melalui pernyataan tersebut dapat diambil pemahaman bahwa koefisien korelasi antara dua variabel yang penulis teliti sebesar 5.254 kalau dikonsultasikan dengan penafsiran akan besarnya koefisien yang umum diatas, apabila dikonsultasikan dengan koefisien korelasi product moment pada table, dengan N= 33 baik dalam taraf signifikan 5% atau taraf sisgnifikan 1% yang hasilnya sebagai berikut:
ro = 5.254
rt 0.05 = 0.344
ini berarti ro > rt maka signifikan.
Ro = 5.254
Rt 0,01 = 0.442
Ini berarti ro > rt maka signifikan
Karena dari hasil nilai koefisien korelasi antara variable X dan variable Y lebih besar dari pada nilai koefisien korelasi yang terdapat pada table, baik taraf signifikan 5% maupun 1% hasilnya signifikan, berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Oleh karena itu berdasarkan perhitungan nilai korelasi antara variable X (variable jenis pekerjaan orang tua) dengan variable Y (variable minat belajar siswa) diperoleh hasil yang cukup signifikan, artinya terdapat hubungan antara variable X (variable pengaruh) dengan variable Y (variable yang dipengaruhi).
Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara jenis pekerjaan orang tua dengan minat belajar siswa, dengan kata lain jenis pekerjaan orang tua mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang, maka hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh antara jenis pekerjaan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Khoirot Semarang tahun pelajarn 2010-2011”, dapat diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar