Minggu, 17 April 2011

RPP AQIDAH KLS 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Perlajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VI / 2
Pertemuan : 1- 4
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit

Standar Kompetensi :
- membiasakan untuk meneladani sifat tokoh dari kisah /cerita orang yang berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
- menerapkan adab secara islami ketika terkena musibah
- membiasakan diri untuk selalu bertaubat

Kompetensi Dasar : mencitai dan meneladani sifat tokoh dari kisah/ cerita orang yang berakhlak mulia.
Indikator :
• Menyebutkan keteguhan iman Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.
• Menceritakan pertolongan Allah kepada Masyithah, dan Ashhabul Kahfi
• Meneladani sikap dan perilaku keteguhan iman dari Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.

I. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai mengikuti pembelajaran “ keteguhan iman dari kisah Masyithah, dan Ashhabul Kahfi “ siswa dapat menyebutkan keteguhan iman Masyithah, dan Ashhabul Kahfi, menceritakan pertolongan Allah kepada Masyithah, dan Ashhabul Kahfi, meneladani sikap dan perilaku keteguhan iman dari Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.

II. Materi Pokok Pembelajaran:
Keteguhan iman dari kisah Masyithah, dan Ashhabul Kahfi

III. Metode Pembelajaran:
Ceramah, diskusi, penugasan.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Pertemuan pertama
A. Kegiatan Awal
• Bertanya kepada siswa sekitar kisah Masyithah
• Mengarahkan siswa agar menyimak penjelasan tentang kisah Masyithah.

B. Kegiatan Inti

• Guru menceritakan kisah Masyithah.
• Guru menceritakan keteguhan iman Masyithah
• Siswa disuruh meringkas cerita keteguhan iman Masyithah dan menceritakan kembali di depan kelas.
C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan kedua
A. Kegiatan awal
• Bertanya kepada siswa sekitar materi yang lalu yang telah diajarkan

B. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang pelajaran/hikmah yang bias diambil dari kisah/cerita Masyithah.
• Guru Menyuruh siswa untuk menulis hikmah yang bias diambil dari kisah Masyithah.
• Siswa berdiskusi tentang hikmah yang bias diambil adari kisah Masyithah.

C. Kegiatan Penutup

• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ketiga
A. Kegiatan Awal
• Guru bertanya kepada siswa materi lalu yang telah diajarkan
• Gur mengarahkan siswa untuk menyimak penjelasan materi berikutnya.

B. Kegiatan Inti
• Guru menceritakan kisah Ashhabul Kahfi
• Guru menyuruh siswa untuk meringkas inti dari kisah Ashhabul Kahfi
• Guru menyuruh siswa untuk menceritakan kembali ringkasan kisah Ashabul Kahfi

C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan keempat
A. Kegiatan Awal
• Guru bertanya kepada siswa materi lalu yang telah diajarkan
• Gur mengarahkan siswa untuk menyimak penjelasan materi berikutnya.

B. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang pelajaran/hikmah yang bias diambil dari kisah/cerita Ashhabul Kahfi
• Guru Menyuruh siswa untuk menulis hikmah yang bias diambil dari kisah Ashhabul Kahfi
• Siswa berdiskusi tentang hikmah yang bias diambil adari kisah Ashhabul Kahfi

C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya

V. Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Buku Aqidah akhlak kelas VI,Remaja Rosda Karya , 2006
2. Buku Aqidah & Akhlaq kls VI, Yudistira
3. Ensiklopedi Islam untuk Pelajar

VI. Penilaian
A. Aspek yang dinilai
1. Afektif
Komponen yang dinilai meliputi : keaktifan selama KBM, keberanian mengemukakan pendapat, kerja sama, berdiskusi , toleransi, Kedermawanan, Kejujuran , ketegasan, dan Kepedulian sosial
2. Kognitif
Komponen yang dinilai : Kemampuan menjawab soal yang dilontarkan oleh teman atau guru dan mengerjakan soal tertulis.

B. Bentuk penilaian
1. Pertanyaan lesan
2. Soal Tertulis ( 5 soal isian singkat )

C. Skor penilaian
1. Skor penilaian kognitif dengan angka, nilai teringgi 100 (kuantitatif)
2. Skor penilaian afektif dengan huruf ( kualitatif)

Tes tertulis
1. Apa sebab makam Masyithah mengeluarkan bau yang sangat harum ?
2. Bagaimana sikap Firaun terhadap rakyatnya
3. Mengapa raja Dikyanus inginmembunuh ketujuh pemuda ?
4. Sebutkan teladan yang dapat diambil dari kisah Masyithah!
5. Apa yang kamu lakkan setelah membaca kedua kisah tersebut ?
Pedoman penilaian
System penskoran Tes tertulis : 100
Jumlah soal 5 nomor=jumlah yang benar dibagi jumlah soalx 100 ( 3/5 x 100 = 6.00) Bobot nilai setiap soal = 1
System penskoran Penugasan
Mendapatkan informasi dari orang lain, dari buku atau majalah sekitarkisah Masyitah dan Ashhabul Kahfi.
Dari majalah =7,00
Hasil membaca buku =7,50




Mengetahui Semarang, 4 Januari 2009
Kepala Madrasah Ustaz Aqidah Akhlak. Kls. VI



Asro’I, S.Pd Abdul latif, S.Pd.I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Perlajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VI / 2
Pertemuan : 5- 8
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit

Standar Kompetensi :
- membiasakan untuk meneladani sifat tokoh dari kisah /cerita orang yang berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
- menerapkan adab secara islami ketika terkena musibah
- membiasakan diri untuk selalu bertaubat

Kompetensi Dasar : mencitai dan meneladani sifat tokoh dari kisah/ cerita orang yang berakhlak mulia.
Indikator :
• Menyebutkan keteguhan iman Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.
• Menceritakan pertolongan Allah kepada Masyithah, dan Ashhabul Kahfi
• Meneladani sikap dan perilaku keteguhan iman dari Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.

I. Tujuan Pembelajaran:
• Siswa dapat menyebutkan keteguhan iman Masyithah, dan Ashhabul Kahfi,
• Siswa dapat menceritakan pertolongan Allah kepada Masyithah, dan Ashhabul Kahfi,
• Siswa dapat meneladani sikap dan perilaku keteguhan iman Masyithah, dan Ashhabul Kahfi.

II. Materi Pokok Pembelajaran:
Keteguhan iman dari kisah Masyithah, dan Ashhabul Kahfi

III. Metode Pembelajaran:
Ceramah, diskusi, penugasan.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Pertemuan lima
A. Kegiatan Awal
• Bertanya kepada siswa sekitar kisah Masyithah
• Mengarahkan siswa agar mengingat-ingat kembali kisah Masyithah.

B. Kegiatan Inti

• Guru menyuruh siswa untuk menceritakan kembali kisah Masyithah secara bergantian di depan kelas.
• Guru membagi siswa kelompok lima kelompok untuk berdiskusi tentang hikmah terdapat pada kisah Masyithah.

C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan keenam
A. Kegiatan awal
• Apersepsi.

B. Kegiatan Inti
• Guru menyuruh siswa untuk menceritakan kembali kisah Ashabul Kahfi secara bergantian di depan kelas.
• Guru membagi siswa kelompok lima kelompok untuk berdiskusi tentang hikmah terdapat pada kisah Ashabul Kahfi.
C. Kegiatan Penutup

• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ketujuh
A. Kegiatan Awal
• Guru bertanya kepada siswa materi lalu yang telah diajarkan
• Guru mengarahkan siswa untuk menyimak penjelasan materi berikutnya.

B. Kegiatan Inti
• Guru menyuruh siswa unutk menyatakan sikap terkait dengan kisah Masyithah dan Ashabul Kahfi.
• Siswa menyatakan sikat secara tertulis sesua pernyataan sikap pada halaman 38.
• Guru mengadakan koreksi dari pernyataan sikap siswa.

C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan kedelapan.
A. Kegiatan Awal
• Guru bertanya kepada siswa materi lalu yang telah diajarkan
• Guru mengarahkan siswa untuk mengikuti pelajaran selanjutnya.

B. Kegiatan Inti
• Guru menyuruh empat siswa atau lebih untuk memperankan kisah Masithah dan tujh anak atau lebih untuk Ashabul Kahfi.
• Siswa maju ke depan kelas dengan kelompok untuk memperankan kisah Masyithah dan Ashabul Kahfi.
C. Kegiatan Penutup
• Penekanan dan penguatan kesimpulan
• Pemberian tugas lebih lanjut untuk pertemuan berikutnya

V. Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
• Buku Aqidah akhlak kelas VI,Remaja Rosda Karya , 2006
• Buku Aqidah & Akhlaq kls VI, Yudistira


VI. Penilaian
1. Aspek yang dinilai
Afektif
Komponen yang dinilai meliputi : keaktifan selama KBM, keberanian mengemukakan pendapat, kerja sama, berdiskusi , toleransi, Kedermawanan, Kejujuran , ketegasan, dan Kepedulian sosial
Kognitif
Komponen yang dinilai : Kemampuan menjawab soal yang dilontarkan oleh teman atau guru dan mengerjakan soal tertulis.

2. Bentuk penilaian
Pertanyaan lesan
Soal Tertulis ( 5 soal isian singkat )

3. Skor penilaian
Skor penilaian kognitif dengan angka, nilai teringgi 100 (kuantitatif)
Skor penilaian afektif dengan huruf ( kualitatif)

Tes tertulis
Pedoman penilaian
System penskoran Tes tertulis : 100
Jumlah soal 5 nomor = jumlah yang benar dibagi jumlah soalx 100 ( 3/5 x 100 = 6.00) Bobot nilai setiap soal = 1
System penskoran Penugasan
Mendapatkan informasi dari orang lain, dari buku atau majalah sekitar kisah Masyitah dan Ashhabul Kahfi.
Dari majalah =7,00
Hasil membaca buku =7,50




Mengetahui Semarang, Pebruari 2009
Kepala Madrasah Ustaz Aqidah Akhlak. Kls. VI



Asro’I, S.Pd Abdul latif, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar