Minggu, 17 April 2011

BAB IV MOTIVASI ORTU THDP PRESTASI BLJR

BAB IV
ANALISIS DATA TENTANG PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADIS SISWA KELAS V MI. AL ISLAMIYAH KEBONBATUR
MRANGGEN DEMAK

A. Analisis Pendahuluan
1. Data Tentang Nilai Hasil Angket Pemberian Motivasi Orang Tua
Untuk memperoleh data tentang pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak dapat diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada orang tua tentang pemberian motivasi kepada siswa dan dari hasil test akhir semester, sebagai responden sebanyak 31 orang.
Adapun jumlah pertanyaan ada 16 item pertanyaan tentang pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Angket bersifat tertutup dan berbentuk pertanyaan dengan lima alternatif jawaban yang diberi skor atau nilai sebagai berikut :
a. Meneliti jawaban responden dengan memberi skor sebagai berikut :
1. Untuk alternatif jawaban a dengan skor 5
2. Untuk alternatif jawaban b dengan skor 4
3. Untuk alternatif jawaban c dengan skor 3
4. Untuk alternatif jawaban d dengan skor 2
5. Untuk alternatif jawaban e dengan skor 1
Untuk mengetahui lebih jelas data hasil penelitian dapat dilihat pada deskripsi berikut :
Berdasarkan tabel 6 di atas diketahui bahwa skor nilai tertinggi pemberian motivasi orang tua adalah 80 dan skor terendah adalah 67, selisihnya adalah 13.
b. Mencari lebar interval (i) untuk membuat tingkat pemberian motivasi orang tua.
- Tinggi = A
- Sedang = B
- Rendah = C
Untuk mencari lebar interval menggunakan rumus sebagai berikut :

Keterangan :
R (range) = Batas nilai tertinggi dikurangi batas nilai terendah.
i =
=
= 4,66 dibulatkan menjadi 5
a. Menetapkan klasifikasi pemberian motivasi orang tua sebagai berikut :
- untuk kategori tinggi (75-80)
P =
=
= 61,29 %
- untuk kategori sedang (69 – 74)
P =
=
= 32,25 %
- untuk kategori rendah (63-68)
P =
=
= 6,45 %
Kemudian untuk dapat mengetahui tinggi rendahnya frekwensi dan persentase tentang pemberian motivasi orang tua dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 8.
Rekapitulasi tentang Motivasi Orang Tua Siswa Kelas V MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak
Motivasi orang tua Frekuensi Persentase
Tinggi (A) 19 61,29 %
Sedang (B) 10 32,25 %
Rendah (C) 2 6,45 %

Dari tabel 8 di atas diperoleh keterangan bahwa dari 31 responden terdapat 19 responden memiliki tingkat pemberian motivasi orang tua yang tinggi, yaitu sebesar 61,29 %, 10 responden termasuk dalam kategori sedang 32,25 % dan 2 responden masuk kategori rendah 6,45 %.

2. Data Tentang Hasil Nilai Prestasi Belajar Al Qur’an Hadis Murid Kelas V MI. Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak
a. Data Hasil Semester Gasal Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Berdasarkan tabel 7. di atas diketahui bahwa penelitian yang dilakukan pada siswa MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak adalah dengan jumlah sampel 31 responden menunjukkan bahwa skor tertinngi rata-rata prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa adalah 83 dan skor terendah adalah 56, sehingga selisihnya adalah 27.
b. Mencari lebar interval (i) untuk membuat kategori tingkat prestasi belajar AlQur’an Hadits.
- Tinggi = A
- Sedang = B
- Rendah = C
Untuk mencari lebar interval menggunakan rumus sebagai berikut:

Keterangan :
R (range) = Batas nilai tertinggi dikurangi batas nilai terendah.
i =
=
= 9,33 dibulatkan menjadi 10
c. Menetapkan klasifikasi hasil nilai prestasi belajar al Qur’an Hadis sebagai berikut :
- untuk kategori tinggi (75 – 85)
P =
=
= 48,38 %
- untuk kategori sedang (64-74)
P =
=
= 25,80 %
- untuk kategori rendah (53-63)
P =
=
= 25,80 %
Kemudian untuk dapat mengetahui tinggi rendahnya frekwensi dan persentase tentang prestasi belajar Al-Qur’an Hadits dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 9.
Rekapitulasi tentang Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak
Prestasi Belajar Frekuensi Persentase
Tinggi (A) 15 48,38 %
Sedang (B) 8 25,80 %
Rendah (C) 8 25,80 %

Dari tabel di atas diperoleh keterangan bahwa dari 31 responden terdapat 15 siswa memiliki tingkat prestasi belajar Al-Qur’an Hadits yang tinggi sebesar 48,38 %, 8 siswa termasuk dalam kategori sedang 25,80 % dan 8 siswa masuk kategori rendah 25,80 %.

B. Analisis Uji Hipotesis
Selanjutnya untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak, dapat dilihat dari hasil analisis uji hipotesis selanjutnya
Dalam analisis ini menggunakan analisis statistik dengan teknik product moment, variabel X (pemberian motivasi orang tua) dan variabel Y ( prestasi belajar Al-Qur’an Hadits) adalah sebagaimana dijelaskan pada tabel berikut :





Tabel 10
NilaiPemberian Motivasi Orang Tua (X) dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits (Y)
No X Y X2 Y2 XY
1 80 80 6400 6400 6400
2 79 80 6241 6400 6320
3 77 78 5929 6084 6006
4 76 75 5776 5625 5700
5 60 57 3600 3249 3420
6 79 80 6241 6400 6320
7 79 83 6241 6889 6557
8 60 56 3600 3136 3360
9 77 60 5929 3600 4620
10 74 70 5476 4900 5180
11 65 60 4225 3600 3900
12 79 73 6241 5329 5767
13 76 75 5776 5625 5700
14 60 58 3600 3364 3480
15 65 57 4225 3249 3705
16 77 70 5929 4900 5390
17 79 76 6241 5776 6004
18 80 80 6400 6400 6400
19 80 82 6400 6724 6560
20 73 70 5329 4900 5110
21 72 70 5184 4900 5040
22 80 78 6400 6084 6240
23 79 80 6241 6400 6320
24 74 73 5476 5329 5402
25 74 71 5476 5041 5254
26 70 65 4900 4225 4550
27 77 75 5929 5625 5775
28 78 80 6084 6400 6240
29 79 80 6241 6400 6320
30 80 80 6400 6400 6400
31 60 56 3600 3136 3360
Simbol ∑X ∑Y ∑X² ∑Y² ∑XY
Jumlah 2298 2228 171730 162490 166800

Dari perhitungan di atas, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan digarisbawahi, yaitu sebagai berikut :
N = 31 = 171730
= 2298 = 162490
= 2228 = 166800

Langkah berikutnya yaitu memasukkan ke dalam rumus dengan cara sebagai berikut :






=
=
=
=
= 0,9082692 dibulatkan menjadi 0,908.

C. Analisis Lanjut
Melalui pernyataan tersebut dapat diambil pemahaman bahwa koefisien korelasi antara dua variabel yang penulis teliti sebesar 0,908 kalau dikonsultasikan dengan penafsiran akan besarnya koefisien yang umum diatas, apabila dikonsultasikan dengan koefisien korelasi product moment pada tabel, dengan N= 31 baik dalam taraf signifikan 5% atau taraf sisgnifikan 1% yang hasilnya sebagai berikut:
ro = 0,908
rt 0.05 = 0.456
ini berarti ro > rt maka signifikan.
ro = 0.908
rt 0,01 = 0.355
Ini berarti ro > rt maka signifikan
Karena dari hasil nilai koefisien korelasi antara variable X dan variable Y lebih besar dari pada nilai koefisien korelasi yang terdapat pada tabel, baik taraf signifikan 5% maupun 1% hasilnya signifikan, berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Oleh karena itu berdasarkan perhitungan nilai korelasi antara variable X (pemberian motivasi orang tua) dengan variable Y (prestasi belajar al Qur’an Hadis ) diperoleh hasil yang cukup signifikan, artinya terdapat hubungan antara variable X (variable pengaruh) dengan variable Y (variable yang dipengaruhi).
Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar al Qur’an Hadis, dengan kata lain pemberian motivasi orang tua mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar al Qur’an Hadis siswa kelas V MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak, maka hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang positif pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al- Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak”, dapat diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar