Minggu, 17 April 2011

BAB III MOTIVASI ORTU THDP PRESTASI BLJR

BAB III
PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADIS SISWA KELAS V MI. AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK

A. Gambaran Umum Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak.
1. Sejarah Berdirinya
Ide berdirinya Madrasah Ibtidaiyyah al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak dilatar belakangi oleh beberapa hal :
a. Perintah Allah swt. Untuk menjaga diri dan keluarganya dari api neraka. Untuk merealisasikan perintah tersebut perlu membekali pendidikan kepada putra-putri kita. Agar pendidikan bisa berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, maka diperlukan sebuah lembaga pendidikan yang mampu menampung anak didik.
b. Suatu fakta di masyarakat, bahwa pendidikan dasar yang berbasis Islam sangat dibutuhkan sekali. Karena banyak generasi muda sekarang yang sudah meninggalkan perintah agama. Bersamaan kenakalan remaja yang semakin meningkat, sedangkan salah satu usaha untuk menanggulanginya adalah dengan lembaga pendidikan dasar agama, dalam hal ini Madrasah Ibtidaiyyah.
c. Dorongan dan semangat masyarakat sekitar yang tinggi untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan Islam.
Dengan dilatarbelakangi tiga hal tersebut, maka timbullah ide-ide dari beberapa tokoh masyarakat di desa Kebonbatur Mranggen Demak untuk merealisasikan hal tersebut, yaitu mendirikan lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah di bawah Yayasan al-Islamiyah.
Madrasah Ibtidaiyyah al Islamiyah Kebonbatur Mrangen Demak didirikan pada tahun 1978. dengan jumlah murid awal ± 25 anak. Karena dukungan masyarakat maka dari tahun ke tahun murid bertambah banyak. Pengembangan sarana dan prasarana pun bertambah seiring dengan kebutuhan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah.

2. Letak Geografis MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak
Lokasi Madrasah Ibtidaiyyah Kebonbatur Mranggen Demak sukup Strategis dan mudah dijangkau oleh anak-anak masyarakat sekitar. Yaitu berada ditengah jantung desa Kebonbatur Mranggen Demak, sehingga anak-anak yang akan ke sekolah tidak mengalami hambatan.
Madrasah Ibtidaiyyah al Islamiyah Kebonbatur tepatnya di Jl. KH. Hasan Masykuri Ronggossari RT. 03 /RW 02, dengan batas sebagai berikut:
Selatan : Masjid
Utara : Jalan
Timur : Rumah warga
Barat : Rumah warga
Untuk lebih jelasnya lihat pada lampiran 1.

3. Struktur Organisasi
Untuk lebih jelasnya lihat pada lampiran 2.

4. Keadaan Guru dan Murid MI Al-Islamiyah
Madrasah Ibtidaiyyah al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tidak akan berjalan kecuali ada tenaga pengajar atau guru. Adapun tenaga pengajar /guru di MI Al Islamiyah adalah sebagai berikut:

Kepala Madrasah : Wahid Hasyim, A.Ma. Pd.SD
Wakamad : Muhammad Agus, S.Pd.I
Nama-nama Guru :
Ahmad Yasir, A.Ma
Baihaqi, SH.
Mualif, A.Ma
Rohmi Asfaidah
Hj. Sholihati, S.Pd.I
Ida Nur Kasanah, A.Ma
Navis Mulyana, S.Pd

Adapun jumlah murid Madrasah Ibtidaiyyah al Isalmiyah pada tahun pelajaran 2010-2011 adalah sebagai berikut:

Tabel 1.
Data Jumlah Murid MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Tahun Pelajaran 2010-2011.

No Kelas Laki-laki Perempuan
1. I 12 15
2. II 17 19
3. III 21 8
4. IV 16 17
5. V 20 11
6. VI 15 14
JUM 101 84

Jumlah murid MI. Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak pada tahun pelajaran 2010-2011 seluruhnya ada 185 anak.


5. Keadaan Sarana dan Prasarana
Dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana adalah sebagai penunjang keberhasilan serta kelancaran dalam proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Maka sarana dan prasarana memberikan pengaruh dan dapat mendukung tujuan tersebut.
Sarana dan prasarana Madrasah Ibtidaiyah al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak, walaupun semuanya belum seutuhnya lengkap, tetapi sudah mencukupi. Namun pembenahan dan pengadaan sarana dan prasarana terus diadakan dan dimaksimalkan serta digunakan secara optimal.
Untuk lebih jelasnya lihat pada lampiran 3.

B. Data Khusus
1. Data Tentang Pemberian Motivasi Orang Tua
Untuk memperoleh data tentang pengaruh pemberian motivasi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun pelajaran 2010-2011 dapat diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada orang tua. Dan data tentang prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa dari hasil nilai rapor test semester gasal tahun pelajaran 2010-2011 dari hasil komulatif nilai tugas, nilai praktek, nilai Mid Semester Gasal dan nilai Semester Gasal, sebagai responden sebanyak 31 siswa dari keseluruahan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak..
Untuk mengetahui hasil nilai angket orang tua dapat dilihat pada tabel 2. berikut.





Tabel 2
Tabel Frekuensi Indikator Menggairahkan Anak

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
1 31 100 - - - - - - - - 31 100
2 28 90,32 2 6,45 1 3,22 - - - - 31 100
3 27 87,09 2 6,45 1 3,22 1 3,22 - - 31 100
4 29 93,54 1 3,22 1 3,22 - - - - 31 100
Jum 115 92,74 5 4,03 3 2,41 1 0,80 - - 124 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel 2) dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Apakah bapak/ibu memberi dorongan kepada putra-putrinya untuk belajar al Qur’an Hadis?,
yang memilih option a = 31 orang tua (100 %)
b = -
c = -
d = -
e = -
2. Apakah bapak ibu kreatif dan inovatif agar anak bergairah belajar al Qur’an Hadis?,
yang memilih option a = 28 orang tua (90.32 % )
b = 2 orang tua ( 6.45 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = -
e = -
3. Apakah kreasi dan inovasi bapak /ibu diterima dengan senang hati oleh puta-putri bapak/ibu ?,
yang memilih option a = 27 orang tua ( 87,09 % )
b = 2 orang tua ( 6,45 % )
c = 1 orang tua ( 3,22 % )
d = 1 orang tua ( 3.22 % )
e = -
4. Apakah bapak/ibu berusaha membelikan buku bacaan yang menunjang pelajaran al Qr’an Hadis?,
yang memilih option a = 29 orang tua ( 93.54 %)
b = 1 orang tua ( 3.22 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = -
e = -
Dari tabel 2. di atas tentang indikator menggairahkan anak secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 115 ( 92,74 %)
Option b = 5 ( 4.03 %)
Option c = 3 ( 3.41 % )
Option d = 1 ( 0.80 % )
Option e = 0

Tabel 3
Tabel Frekuensi Indikator Memberi Harapan Yang Realistis

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
5 30 96,77 1 3,22 - - - - - - 31 100
6 29 93,54 1 3,22 1 3,22 - - - - 31 100
7 26 83,87 2 6,45 1 3,22 1 3,22 1 3,22 31 100
8 28 90,32 1 3,22 1 3,22 1 3,22 - - 31 100
Jum 113 91,12 5 4,03 3 2,41 2 1,61 1 0,80 124 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel 3) dapat dijelaskan sebagai berikut:
5. Apakah bapak/ibu pernah menjanjikan sesuatu kepada putra-putri bapak/ibu jika meraih prestasi?,
yang memilih option a = 30 orang tua (100 %)
b = 1 orang tua
c = -
d = -
e = -
6. Apakah janji bapak/ibu kepada putra-putrinya ditepati?,
yang memilih option a = 29 orang tua (93,54 % )
b = 1 orang tua ( 3,22 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = -
e = -
7. Apakah harapan putra-putri bapak/ibu terwujud?,
yang memilih option a = 26 orang tua( 83,87 % )
b = 2 orang tua ( 6,45 % )
c = 1 orang tua ( 3,22 % )
d = 1 orang tua ( 3.22 % )
e = 1 orang tua (3,22 %)
8. Apakah harapan yang diimpikan putra-putri bapak/ibu bermanfaat baginya?,
yang memilih option a = 28 orang tua ( 93.54 %)
b = 1 orang tua ( 3.22 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = 1 orang tua ( 3,22 % )
e = -
Dari tabel 3. di atas tentang indikator memberi harapan yang realistis secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 113 ( 91,12 %)
Option b = 5 ( 4.03 %)
Option c = 3 ( 3.41 % )
Option d = 2 ( 1,61 % )
Option e = 1 ( 0,80 % )

Tabel 4
Tabel Frekuensi Indikator Memberi Insentif

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
9 26 83,87 2 6,45 1 3,22 1 3,22 1 3,22 31 100
10 29 93,54 1 3,22 1 3,22 - - - - 31 100
11 26 83,87 2 6,45 1 3,22 1 3,22 1 3,22 31 100
12 28 90,32 1 3,22 1 3,22 1 3,22 - - 31 100
Jum 109 87,90 6 4,83 4 3,22 3 2,41 2 1,61 124 100


Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel 4) dapat dijelaskan sebagai berikut:
9. Apakah setiap putra-putri bapak/ibu meraih prestasi bapak/ibu memberi hadiah kepadanya?,
yang memilih option a = 26 orang tua (100 %)
b = 2 orang tua (6,45 %)
c = 1 orang tua (3,22 %)
d = 1 orang tua (3,22 %)
e = 1 orang tua (3,22 % )

10. Apakah putra-putri bapak/ibu senang dengan hadiah yang bapak/ibu berikan?,
yang memilih option a = 29 orang tua (93,54 % )
b = 1 orang tua ( 3,22 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = -
e = -

11. Apakah hadiah yang bapak/ibu berikan sesuai dengan yang mereka inginkan?,
yang memilih option a = 26 orang tua( 83,87 % )
b = 2 orang tua ( 6,45 % )
c = 1 orang tua ( 3,22 % )
d = 1 orang tua ( 3.22 % )
e = 1 orang tua (3,22 %)

12. Apakah bapak/ibu pernah memberikan insentif selain wujud benda/materi?,
yang memilih option a = 28 orang tua ( 90,32 %)
b = 1 orang tua ( 3.22 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = 1 orang tua ( 3,22 % )
e = -

Dari tabel 3. di atas tentang indikator memberi harapan yang realistis secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 109 ( 87,90 %)
Option b = 6 ( 4.83 %)
Option c = 4 ( 3,22 % )
Option d = 3 ( 2,41 % )
Option e = 2 ( 1,61 % )



Tabel 5
Tabel Frekuensi Indikator Mengarahkan Anak

No. Item Distribusi Jawaban Jumlah
a b c d e f %
f % f % f % f % f %
13 25 80,64 2 6,45 2 6,45 1 3,22 1 3,22 31 100
14 27 87,09 2 6,45 1 3,22 1 3,22 - - 31 100
15 28 90,32 1 3,22 1 3,22 1 3,22 - - 31 100
16 30 96,77 1 3,22 - - - - - - 31 100
Jum 110 88,70 6 4,83 4 3,22 3 2,41 1 0,80 124 100

Untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari tabel di atas (tabel 5) dapat dijelaskan sebagai berikut:
13. Apakah bapak/ibu mengarahkan putra-putri bapak/ibu untuk membaca al Qur’an dan Hadis?,
yang memilih option a = 25 orang tua (80,64 %)
b = 2 orang tua (6,45 %)
c = 2 orang tua (6,45 %)
d = 1orang tua (3,22 %)
e = 1 orang tua (3,22 %)
14. Apakah bapak/ibu mengrahkan putra-putrinya untuk memahami kandungan ayat al Qur’an dan Hadis?,
yang memilih option a = 27 orang tua (87,09 % )
b = 2 orang tua ( 6,45 % )
c = 1 orang tua ( 3.22 % )
d = 1 orang tua (3,22 %)
e = -
15. Apakah baak /ibu memberi kebebasan waktu ptra-putri bapak/ibu dalam belajar al Qur’an Hadis?,
yang memilih option a = 28 orang tua( 90,32 % )
b = 1 orang tua ( 3,22 % )
c = 1 orang tua ( 3,22 % )
d = 1 orang tua ( 3.22 % )
e = -
16. Apakah bapak/ibu pernah mengarahkan/menunjukkan cara baca al Qur’an yang benar?,
yang memilih option a = 30 orang tua ( 96,77 %)
b = 1 orang tua ( 3.22 % )
c = -
d = -
e = -
Dari tabel 5. di atas tentang indikator mengarahkan anak secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
Option a = 110 ( 88,70 %)
Option b = 6 ( 4.83 %)
Option c = 4 ( 3,22 % )
Option d = 3 ( 2,41 % )
Option e = 1 ( 0,80 % )

Tabel 6.
HASIL ANGKET TENTANG
PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA

No. Resp. jawaban nilai Juml. Rata-rata
a b c d e 5 4 3 2 1
1 16 - - - - 80 - - - - 80 5.00
2 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
3 14 1 1 - - 70 4 3 - - 77 4.81
4 13 2 1 - - 65 8 3 - - 76 4.75
5 10 2 2 1 1 50 8 6 2 1 67 4.18
6 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
7 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
8 11 2 1 1 1 55 8 3 2 1 69 4.31
9 14 1 1 - - 70 4 3 - - 77 4.81
10 13 1 1 1 - 65 4 3 2 - 74 4.62
11 12 2 1 1 - 60 8 3 2 - 73 4.56
12 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
13 13 2 1 - - 65 8 3 - - 76 4.75
14 10 2 2 1 1 50 8 6 2 1 67 4.18
15 12 2 1 1 - 60 8 3 2 - 73 4.56
16 14 1 1 - - 70 4 3 - - 77 4.81
17 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
18 16 - - - - 80 - - - - 80 5.00
19 16 - - - - 80 - - - - 80 5.00
20 12 2 1 1 - 60 8 3 2 - 73 4.56
21 11 3 1 1 - 55 12 3 2 - 72 4.50
22 16 - - - - 80 - - - - 80 5.00
23 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
24 13 1 1 1 - 65 4 3 2 - 74 4.62
25 13 1 1 1 - 65 4 3 2 - 74 4.62
26 12 1 1 1 1 60 4 3 2 1 70 4.37
27 14 1 1 - - 70 4 3 - - 77 4.81
28 14 2 - - - 70 8 - - - 78 4.87
29 15 1 - - - 75 4 - - - 79 4.93
30 16 - - - - 80 - - - - 80 5.00
31 11 2 1 1 1 55 8 3 2 1 69 4.31

2. Data Tentang Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis
Data tentang hasil prestasi belajar Al Qur’an Hadis adalah hasil komulatif dari nilai tugas, nilai praktek, nilai mid Semester Gasal dan nilai Semester Gasal pada tahun pelajaran 2010-2011. untuk selanjynya dapat dilihat pada tabel 4 berikut ini.


Tabel 7
Nilai Raport Al-Qur’an Hadits Tahun Pelajaran 2010-2011
No Responden Nilai
Tugas Praktik Mid Smt Jumlah Rata-rata
1 Ahmad Yafi 80 77 80 83 320 80
2 Ahsin Wajad 83 79 78 80 320 80
3 Akshay Hanif Ramzani 78 79 77 78 312 78
4 Andik Irawan 78 73 74 75 300 75
5 Arga Prihantoro 54 59 58 57 228 57
6 Arif Rahman Hakim 78 80 82 80 320 80
7 Atika Farhana 85 80 85 82 334 83
8 Desi Puspita Sari 55 56 56 57 224 56
9 Devira Fitriana 61 60 59 60 240 60
10 Dian Puspitaningtyas 70 70 70 70 280 70
11 Fatimatus Zahro’ Arum 60 60 60 60 240 60
12 Febri Putri Melati 74 75 73 70 292 73
13 Febri Vania Yasmin 74 75 75 76 300 75
14 Ilma Husna 58 56 58 60 232 58
15 Indah Nur cahyani 58 60 55 57 228 57
16 Lilis uryani 67 68 70 75 280 70
17 M.Ajib Mukhoyar 78 74 77 75 304 76
18 M. Khoirul Anam 80 80 80 80 320 80
19 M.Rizki 81 80 81 80 328 82
20 Munafiroh 74 70 66 70 280 70
21 Mustamir Luthfi 70 70 70 70 280 70
22 Nikmatus Sholikhah 78 79 77 78 312 78
23 Nur Jihad 80 82 79 79 320 80
24 Nurul Hapsari 73 74 70 75 292 73
25 Nurul Qomariyah 70 74 70 70 284 71
26 Nuryani 70 65 60 65 260 65
27 Rijal Maulana 76 74 75 75 300 75
28 Shinta Nuriyah 81 78 79 82 320 80
29 Siti Munawaroh 80 78 80 82 320 80
30 Sulung Andika 80 79 79 82 320 80
31 Yani Zaitun Nikmah 56 55 56 57 224 56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar