Kamis, 30 Juni 2011

KHUTBAH TTG SABAR

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذي اعجز وصفه السنة الواصفين وحجب عن معرفة ادراك كنه ذاته افهام العارفين,وجعل حُرمةَ حرمهِ ملاذًا وملجأً للخَائفينَ والداخلين.
احمده على مااولاناَ من النِّعمِ واودعَ واشهد ان لا اله الاّ اللهُ وحده لا شريك لهُ , شهادةً تُنَجِّي قائلَهَا في يوم لا ولدَ فيه ينفعُ , واشهدُ انّ سيدنا محمّداً عبدهُ ورسولهُ نبيُّ يومِ القيامةِ يقالُ لَهُ سَلْ تُعْطَ واشْفَعْ تُشْفَعْ , صلى الله عليه وعلى اله واصحابه صلاةً وسلاماً دائمَينِ متلازمين مااستهلَّ من الامَاقِ مَدْمَعَ وسلّمَ تسليماً, ايها الناس اتقو اللهَ حقّ تقاته ولا تموتنَّ الاّ وانتم مسلمون ,
Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah.
Mari kita bertaqwa kepada Allah swt dalam arti memelihara diri dari segala bentuk kemusyrikan dan kemunafikan dengan mentaati dan mengerjakan semua perintahnya serta menjahui segala larangannya.
Juga taqwa yang dapat menumbuhkan amal –amal saleh yang nyata sebagai pembuktian kebenaran iman , sebab segala perbuatan dan amal manusia baik atau jahatnya merupakan pencerminan iman terhadap Allah swt.

Dalam hidup kita sering menjumpai bermacam-macam keadaan, suka duka, bahagia dan derita, lega hati dan kecewa silih berganti, sehat dan sakit, senyum dan air mata datang dan pergi.
Semua itu menuntut kekuatan mental yang kokoh, sebab tanpa kekuatan mental yang kuat kita akan diombang-ambingkan oleh syaitan. Cobaan yang silih berganti yang menimpa bangsa Indonesia ini harus kita sikapi dengan hati yang ikhlas, tabah dan sabar menerima cobaan semua ini. Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah swt tidak akan membiarkan hambanya yang selalu ingat kepadaNya.

Allah swt berfirman.
                           •     
28. Dan Bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya Telah kami lalaikan dari mengingati kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.



Setelah kita menyadari bahwa hidup ini penuh persoalan, sebagai muslim kita hendaknya menunjukkan kesabaran sebagai pertahanan rohani. Karena kita yakin kesabaran itulah yang dapat melepaskan dari keputus asaan.
Allah berfirman:
      •    
200. Hai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.



Dari ayat di atas kita dapat mengabil kesimpulan bahwa untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat kita harus selalu memohon pertolongan kepada Allah swt dengan sabar dan dengan melaksanakan ibadah/salat. Sabar tanpa ibadah /salat tidak akan berarti, salat tanpa sabar tidak akan membekas.
Begitu pula ketika kita mendapat cobaan dari Allah janganlah mengeluh dan putus asa. Sebab cobaan itu merupakan bukti kecintaan Allah swt terhadap hambanya.penderitaan lahiriyah hendaknya kita hadapi dengan sabar, karena dibalik kesulitan dan kesusahan akan ada kemudahan.
Firman Allah swt:
•   • 
5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,


Dalam ayat lain Allah berfirman :

         •               
155. Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"[101].


Hadirin siding jumah yang dimulyakan Allah swt.
Nyatalah bahwa sabar adalah sifat yang utama.dengan sabar kita akan memperoleh kemenagan dan kemudahan.
Kita tidak diperkenankan mengeluh dan berputus asa sebab mustahil tumbuh-tumbuhan yang baru ditanam akan segera berbuah.
Marilah kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah dengan amal-amal saleh, dan juga mari kita tingalkan larangan-larangannya dengan kesabaran.

Hadirin…
Dalam islam kita danjurkan untuk bersabar dalam tiga hal:
1. sabar dalam menerima musibah
kita harus sabar dan tabah dengan cobaan yang menimpa kita. Kita tidak boleh mengeluh dan meratapi cobaan yang menimpa kita.
2. sabar dalam mengerjakan perintah Allah atau beribadah.
Sabar dalam beribadah artinya kita harus selalu taat kepada Allah dengan tetap melaksanakan kewajiban-kewajibannya. Ketaatan dan kepatuhan seorang hamba tidak bisa diukur dengan materi. Kaya dan miskin dihadapan Allah swt adalah sama saja. Kita miskin harus tekun bribadah, kaya juga harus tetap rajin dan lebih meningkatkan amal ibadahnya.
3. sabar dalam meninggalkan larangan-larangannya.
Artinya kita harus sabar sekuat tenaga, bahwa apapun alasannya kita harus meningalkan larangan yang telah Allah tetapkan. Misalnya, Minuman keras yang sudah nyata-nyata diharamkan dalam alqur’an, jangan sekali-kali minum atau sekedar mencoba. Karena sakali mencoba maka kita akan ketagihan. Karena banyak dan sedikitnya hamar atau minuman keras itu tetap haram
Sabda Rasulullah saw;
مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. رواه الاربعة واحمد
Artinya:
“Apa yang banyak memabukkan, maka sedikitpun haram.” ( HR. Imam Empat dan Ahmad)


Dari uraian di atas, kami mengajak kepada hadirin semua untuk bersama-sama menunjukkan sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari. Sebab dari uraian di atas nyatalah bahwa kebaikan dan keberuntungan dari Allah hanya diberikan kepada orang-orang yang sabar. Semoga kita termasuk golongan orang-orang baik dan beruntung, yaitu orang-orang yang sabar.

بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ونفعني وايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم , وتقبّل منّي ومنكم تلاوته انّه هو السميع العليم, اقول قولي هذا واستغفر الله العظيمَ لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيمُ.

الخطبة الثانية
الحمد لله مؤيّدِ الصابرين بعزيزِ نصرهِ, وميسّر الشاكرين لحميد شكرهِ , وموفّقِ المختارينَ للقيامِ بأمرهِ , احمدهُ على ما انعم واسلمَ لامرهِ فيما حكم وابرمَ , اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له, واشهد انّ محمدًا عبده ورسوله , اللهمّ صلّ على سيدنا محمد , صلى الله عليه وعلى اله منتهى الدهورِو, صلاةً دائمة بلا فناءٍ ولا فتورٍ , وسلم تسليماً كثيراًز
امّا بعد: فيا ايها الناس اتّقو اللهَ, انّ اللهَ امرَكم بأمرٍ بدأ فيه بنفسهِ, وثنىَّ بملائكته وايّدَ بالمؤمنين من عباده, فقال عزّمن قائل: ان الله وملائكته يصلّون على النبي , يا ايها الذين امنوا صلوا عليه وسلّموا تسليماً , اللهم صلّ على سيدنا محمد سيد المرسلين, وانبيائك ورسلك وملائكتك المقربين, واهلِ طاعتكَ اجمعين,
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات , انك سميع قريب مجيب الدعوات, اللهمّ احفظْ عليهم وَدَائِعَ اَدْيَانِهِمْ واَخْرِجْهُمْ من ضيقِ السُجُونِ الى سعة اوطانهِمْ ولا تجعلهمْ فتنةً للظالمين, ونجِّهِمْ برحمتك من القوم الكافرين , ربنا اتنا في الدنياحسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, ربنا اغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونا بالايمان ولا تجعل في قلوبنا غلاً للذين امنوا ربنا انك رؤفٌ رحيم,
عباد الله, ان اللهَ يأمركم بالعدل والاحسان وايتاءِ ذيِ القربَى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, فاذكروا اللهَ العظيمَ يذكرْكُمْ واشكروه على نعمه يزدْكم ولَذِكرُ اللهِ اكبر

Tidak ada komentar:

Posting Komentar