Kamis, 30 Juni 2011

KHUTBAH FADHILAH BULAN JARAB

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذي احاط بكلّ شيئ عِلما, واحصى كلَّ شيئ عددا, الذي فضّلَ شهر رجبَ, واوجبَ عَلينا تعظيمَهُ فوجبَ, هو شهرُ اللهِ الاصمِّ الاَصبَ, قدّمَهُ بين الانامِ, وفضَّلهُ في الجاهِلِيّةِ والاسلامِ, من صام فيه عشرَ ايّامٍ كتب الله من السُّعداءِ, فسبحان من منَّ به على الوجودِ, وانعمَ فيه بالفضلِ والجودِ, فمن اجْتهدَ فيه بلغَ المقصودَ, وكانَ منَ الفائزينَ عند اللهِ غدًا,
احمده سبحانه وتعالى على ما انعمَ, واشكُرُهُ على ما اَعطى وتَكرَّمَ, واَستغْفِرُهُ من الكبائرِ واللّمَمِ, وَاتوبُ اليهِ متوَكِلاً عليه مُعْتمداً , واشهدُ ان لا الهَ الا اللهُ وحدهُ لا شريكَ لهُ, ولا ضدَّ لهُ ولا نِدَّ لهُ, ولا وزِيرَ لهُ جلَّ وعلا ما اتخَذَ صاحبةً ولا والدًا, واشهدُ ان سيدنا ونبينا محمّداً عبدهُ ورسولهُ نبيٌّ جاءنا بالهدَى, اللهُمَّ فصلِ وسلمْ على هذا النبيِّ الكريمِ, والرّسولِ السّيِدِ السّنَدِ العظِيمِ ذى القلبِ الرحيمِ, سيّدنا محمّدٍ وعلى الهِ واصحابهِ صلاةً وسلامًا دائمينِ ابداً, وسلِّم تسليمًا كثيرًا,
ايّها النّاس اتقواللهَ حقَّ تقاتهِ ولا تموتنَّ الاّ وانتم مسلمونَ.
Sidang jum’at yang berbahagia.
Hidup kita adalah berbilang hari, bulan dan tahun. Semua itu telh diatur oleh Allah swt, silih berganti. Dalam hitungan tahun, terdiri dari dua belas bulan. Diantara 12 bulan tersebut Allah memulyakan 4 bulan. Allah swt berfirman dalam surat at-Taubah: 36.
اِنَّ عِدَةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ والاَرْضَ مِنْهَا اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ.

Dari ayat tersebut kita memperoleh pengertian bahwa di antara waktu-waktu yang telah diatur Allah , terdapat waktu-waktu mulia, satu diantaranya adalah bulan Rajab.
Sungguh berbahagia kita masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan rajab ini. Karena bulan raja adalah bulan dimana Allah swt memi’rajkan nabi Muhammad saw untuk mendapat perintah salat lima waktu.
Sungguh tinggi nilai salat dibanding puasa, zakat dan haji. Mengapa demikian? Kalau perintah puasa, perintah zakat dan perintah haji Allah cukup menurunkan wahyunya lewat malaikat Jibril as. Namun perintah salat Allah langsung memanggil nabi Muhammad saw. Untuk menghadap Allah swt, pencipta alam semesta yang agung ini.
Hadirin rahimakumullah.
Sebab itulah kita wajib menyadari betapa pentingnya salat dalam kehidupan beragama. Ketinggian salat inilah yang menempatkan salat sebagai sendi agama.
Rasulullah saw bersabda:
الصلاة عماد الدين فمن اقامها فقد اقام الدين ومن تركها فقد هدم الدين

“salat lima waktu adalah tiang agama. Barang siapa menegakkannya berarti ia telah menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya, berarti ia telah merobohkan agama”

Jamaah salat jumat rahimakumullah.
Mari kita tingkatkan amal saleh, dengan memperbanyak ibadah terutama di bulan Rajab ini..Di bulam mulia ini segala amal akan memperoleh pahala yang berlipat ganda, dan Allah menyediakan surga bagi orang-orang yang berbuat kebajikan dan ibadah.

Rasulullah saw bersabda:
ان في الجنة نهرا يقال له رجبٌ اشدّ بياضاً من اللبن واحلىَ من العسلِ من صام يومًا من رجبَ سقاهُ اللهُ من ذلك النهرِ
“di dalam surga terdapat sebuah bengawan yang disebut bengawan Rajab, airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari pada madu. Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan Rajab maka kelak Allah akan memberi minum kepadanya dari air bengawan itu.”

Bulan Rajab adalah bulan yang penuh maghfirah, segala kebaikan akan dilipat kandakan pahalanya, segala ampunan akan diterima dan segala kemaksiatan lebih dijauhi.
Allah swt. Berfirman:
يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الشَهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيْهِ قُلْ قِتَالٌ فِيْهِ كَبِيرٌ .( البقرة : 217 )
Artinya: “ mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram,. Dikatakan: berperang pada bulan haram itu adalah dosa besar.” (al Baqarah: 217)

Hadirin Rahimakumullah.
Pada bulan Rajab ini, mari kita tekankan ibadah salat kepada anak cucu kita. Sungguh sangat memprihatinkan sekali pada akhir-akhir ini. Anak –anak kita sudah banyak yang melalaikan salatnya. Padahal mereka sudah menginjak aqil balig. Yang artinya mereka sudah berkewajiban untuk melaksanaka salat lima waktu. Terkadang kita sering melihat anak-anak kita yang sudah aqil balig tapi salatnya belum benar. Masih banyak diantara mereka yang masih memerlukan bimbingan dan pendidikan tentang salat yang benar. Benar dalam segi bacaannya dan benar pula dalam gerakannya.
Hadirin …
Tugas orang tua di sini sangat besar. Orang tua harus mempengaruhi anak dalam usaha perkembangan sehari-hari. Orang tua merupakan pendidik yang primer. Jangan merasa bebas tanggung jawab, karena anak sudah dimasukkan di sekolah atau madrasah. Pengawasan orang tua sangat diperlukan agar anak-anak mengarah kepada yang baik-baik saja.
كلّ مولود يولد على الفطرة فابواه يهودانهِ او ينصِّرانهِ او يمجسانهِ.
Artinya:
“setiap anak yang dilahirkan dilahirkan dalam keadaan suci. Hanya kedua orang tuanyalah yang mencetak anak itu menjadi yahudi, nasrani atau menjadi majusi.”
Hadirin…
Dari hadis tersebut dapat kita fahami bahwa pengaruh orang tua sangat lah menentukan sekali. Anak akan dijadikan orang baik atau akan dijadikan orang jahat semua itu tergantung orang tuanya.tergantung orang tuanya bagaimana dia mendidik, dimana dia memasukkan pendidikan?
Hadirin…
Sebelumnya minta maaf, kadang-kadang demi sekolah murah, atau sekolah faforit pendidikan agama dikesampingkan. Mereka hanya memburu kebutuhan dunia , sementara kebutuhan agama mereka tinggalkan, bahkan mereka lebih suka memasukkan putra-putrinya ke pendidikan yang notabene non muslim, naudzu billah tsumma naudzu billah.
Hadirin…
Bulan-bulan ini adalah bulan dimana orang tua disibukkan mencarikan sekolah bagi orang tua yang mempunyai putra usia masuk sekolah. Pada kesempatan ini saya berpesan carikan pendidikan untuk putra-putri kita yang mempunyai nilai plus agama.. masih banyak di lingkungan kita sekolah dan madrasah yang memberikan porsi agama 50% dan umum 50%. Ingat pesan nabi, didiklah anakmu karena mereka akan hidup pada zaman yang tidak sama dengan zamanmu.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم , والمؤمنون والمؤمناتُ بغضهمْ اولياءُ بعضٍ يعمرونَ بالمعروف وينهونَ عن المنكرِ ويقيمون الصلاةَ ويؤتون الزكاةَ ويطيعون اللهَ ورسولَهُ اولئك سيرحمُهُمُ اللهُ انّ اللهَ عزيزٌ حكيمٌ . التوبة : ٧١
بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ونفعني وايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم , وتقبّل منّي ومنكم تلاوته انّه هو السميع العليم, اقول قولي هذا واستغفر الله العظيمَ لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيمُ.

الخطبة الثانية
الحمد لله مؤيّدِ الصابرين بعزيزِ نصرهِ, وميسّر الشاكرين لحميد شكرهِ , وموفّقِ المختارينَ للقيامِ بأمرهِ , احمدهُ على ما انعم واسلمَ لامرهِ فيما حكم وابرمَ , اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له, واشهد انّ محمدًا عبده ورسوله , اللهمّ صلّ على سيدنا محمد , صلى الله عليه وعلى اله منتهى الدهورِو, صلاةً دائمة بلا فناءٍ ولا فتورٍ , وسلم تسليماً كثيراًز
امّا بعد: فيا ايها الناس اتّقو اللهَ, انّ اللهَ امرَكم بأمرٍ بدأ فيه بنفسهِ, وثنىَّ بملائكته وايّدَ بالمؤمنين من عباده, فقال عزّمن قائل: ان الله وملائكته يصلّون على النبي , يا ايها الذين امنوا صلوا عليه وسلّموا تسليماً , اللهم صلّ على سيدنا محمد سيد المرسلين, وانبيائك ورسلك وملائكتك المقربين, واهلِ طاعتكَ اجمعين,
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات , انك سميع قريب مجيب الدعوات, اللهمّ احفظْ عليهم وَدَائِعَ اَدْيَانِهِمْ واَخْرِجْهُمْ من ضيقِ السُجُونِ الى سعة اوطانهِمْ ولا تجعلهمْ فتنةً للظالمين, ونجِّهِمْ برحمتك من القوم الكافرين , ربنا اتنا في الدنياحسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, ربنا اغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونا بالايمان ولا تجعل في قلوبنا غلاً للذين امنوا ربنا انك رؤفٌ رحيم,
عباد الله, ان اللهَ يأمركم بالعدل والاحسان وايتاءِ ذيِ القربَى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, فاذكروا اللهَ العظيمَ يذكرْكُمْ واشكروه على نعمه يزدْكم ولَذِكرُ اللهِ اكبر.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar