Kamis, 30 Juni 2011

KHUTBAH MENJAUHI DENGKI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الحنّانِ المنّانِ, ساترِ العيوبِ وغافرِ الذنوبِ لمن اليهِ يتوبُ من الذنوبِ والعصيانِ خالق الخلق غني المشيرِ والاعوانِ , اخرجكم من بطون امهاتكم لا تعلمون شيأ وجعل لكمُ السمعَ والابصارَ والافئدةَوهو قديم الاحسانِ , اوجدَ الكلَّ بعلمهِ وصيّرهم تحتَ قهْرهِ وحُكمهِ , وَاِنْ منِ شيءٍ الا يُسبّحُ بحمدِهِ , فهو السُّبوحُ المُسَبَّحُ بكُلِّ لسانٍ , احمده وله الحمد في السّر والاِعلانِ , واشهد انّ سيدنا ونبينا محمدًا عبدهُ ورسولهُ سيد ولد ادمَ ممن يكون وممن كانَ , اللهم صل وسلم على سيدنا محمدٍ وعلى الهِ واصحابهِ صلاةً وسلاماً دائمينِ متلازمينِ في كلِ وقتٍ واَوانٍ , وسلم تسليماً كثيراً .
عباد اللهِ , اتقوااللهَ حقّ تقاتِهِ ولا تموتنّ الاّ وانتم مسلمونَ .

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia.
Tidak ada satupun yang menyenagkan dan menyegarkan pandangan mata seseorang kecuali hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat, bebas dari rasa dendam dan iri hati. Seorang yang hatinya bersih dan jiwanya sehat , ialah orang yang apabila melihat nimat yang deterima oleh orang lain , ia merasa senang dan merasakan karunia itu ada pada dirinya. Dan apabila orang lain tertimpa cobaan dari Allah swt , ia merasa sedih dan mengharapkan kepada Allah untuk segera meringankan penderitaan yang menimpanya dan mengampuni dosa-dosanya.
Demikian seorang muslim hendaknya selalu hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat, rela terhadap ketentuan Allah swt dan terhadap kehidupan. Jiwanya bebas dari rasa dengki dan iri. Karena dengki dan iri hati itu termasuk penyakit hati, yang dapat melenyapkan semua amal saleh. Rasulullah swa bersabda:

اياكم والحسد فان الحسد تأكل الحسنات كما تأكل النار الحطابَ

“jahuilah olehmu berbuat hasud atau dengki, arena hasud atau dengki itu bisa menghilangkan amal perbuatan yang saleh sabagai mana api membakar kayu bakar”

Hadirin jum’at rahimakumullah!

Peristiwa besar yang menghebohkan dunia 400 tahun yang lalu dapat dijadikan pelajar bagi kita semua betapa kuatnya pengaruh hasud sehingga bisa mendorong orang untuk berbuat kerusakan, keonaran bahkan pembantain di atas muka bumi ini. Seorang raja Abrahah, yang sombong dan congkak, yang tidak mau menerima apa yang dia terima dari Allah swt. membuat dia iri hati dan hasud dengan ramainya kota makah waktu itu. Banyak orang dari penjuru dunia yang berdatangan ke Makah setahun sekali untuk menunaikan ibadah haji di Baitullah. Mereka berduyun-duyun, berbondong-bondong, berdatangan untuk mengunjungi Baitullah yang ada di Mekah. Kadatangan para zairin ke makah membuat kota makah menjadi terkenal keseluruh pelosok dunia. Menjadikan kota Makah ramai, dan tentunya mendatangkan rizka bagi penduduk kota Makah itu sendiri.
Melihat kondisi kota Makah seperti ini, Raja Abrahah menjadi iri, mengapa kota kami (Yaman) sepi, tidak seramai kota Mekah.? Apa sebenarnya factor dari semua itu? Ternyata yang menarik orang-orang untuk ke Makah adalah bangunan Kakbah atau Baitullah.
Akhirnya Raja Abrahah membuat tandingan dengan membangun sebuah gereja yang sangat besar bahkan lebih besar dari baitullah. Promosi kehebatan dan kebesaran telah dilakukan sampai ke seluruh dunia. Namun apa yang terjadi? Tak ada satupun yang mau mengunjungi gereja buatan raja Abrahah kecuali para pengikut-pengikutnya. Hal ini membuat Raja Abrahah merasa terpukul, terhina oleh keagungan Baitullah di kota makah.
Akhirnya puncak dari sifat iri hati Raja Abrahah ini menjadikan dia semakin sombong dan angkuh. Semua tentara disiapkan dengan mengendarai seekor gajah untuk menyerbu kota Makah mengahancurkan kakbah.
Hadirin rahimakumullah!
Peristiwa penyerangan Raja Abrahah ini di abadikan dalam al Qur;an surat al fil sebagai berkut:


Atas pertolongan dari Allah swt. dengan mengirim burung ababil yang membawa batu dari neraka hancurlah Raja Abrahah dan bala tentaranya.
Hadirin ….
Pada hari itulah lahirlah nabi Muhammda saw pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun Fil. Para ahli sejarah menyebut tahun Fil karena peristiwa itu bertepatan dengan hancurnya tentara bergajah yang akan mengahancurkan kakbah.
Hadirin ….
Marilah peristiwa lahirya junjungan kita nabi Muhammad saw kita peringati dengan memperbanyak membaca salawat dan riwayat-riwayat yang sudah tertulis pada kitab-kitab barzanji, diba’ burdah ataupun lainnya. Marilah kita agungkan hari kelahiran nabi kita ini , dan cintailah nabi dengan banyak menyebut namanya. Mudah –mudahan kita termasuk umat nabi yang kelak akan mendapatkan syafaatnya amin.

بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ونفعني وايّاكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم , وتقبّل منّي ومنكم تلاوته انّه هو السميع العليم, اقول قولي هذا واستغفر الله العظيمَ لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انّه هو الغفور الرحيمُ.

الخطبة الثانية
الحمد لله مؤيّدِ الصابرين بعزيزِ نصرهِ, وميسّر الشاكرين لحميد شكرهِ , وموفّقِ المختارينَ للقيامِ بأمرهِ , احمدهُ على ما انعم واسلمَ لامرهِ فيما حكم وابرمَ , اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له, واشهد انّ محمدًا عبده ورسوله , اللهمّ صلّ على سيدنا محمد , صلى الله عليه وعلى اله منتهى الدهورِو, صلاةً دائمة بلا فناءٍ ولا فتورٍ , وسلم تسليماً كثيراًز
امّا بعد: فيا ايها الناس اتّقو اللهَ, انّ اللهَ امرَكم بأمرٍ بدأ فيه بنفسهِ, وثنىَّ بملائكته وايّدَ بالمؤمنين من عباده, فقال عزّمن قائل: ان الله وملائكته يصلّون على النبي , يا ايها الذين امنوا صلوا عليه وسلّموا تسليماً , اللهم صلّ على سيدنا محمد سيد المرسلين, وانبيائك ورسلك وملائكتك المقربين, واهلِ طاعتكَ اجمعين,
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات , انك سميع قريب مجيب الدعوات, اللهمّ احفظْ عليهم وَدَائِعَ اَدْيَانِهِمْ واَخْرِجْهُمْ من ضيقِ السُجُونِ الى سعة اوطانهِمْ ولا تجعلهمْ فتنةً للظالمين, ونجِّهِمْ برحمتك من القوم الكافرين , ربنا اتنا في الدنياحسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, ربنا اغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونا بالايمان ولا تجعل في قلوبنا غلاً للذين امنوا ربنا انك رؤفٌ رحيم,
عباد الله, ان اللهَ يأمركم بالعدل والاحسان وايتاءِ ذيِ القربَى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, فاذكروا اللهَ العظيمَ يذكرْكُمْ واشكروه على نعمه يزدْكم ولَذِكرُ اللهِ اكبر.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar